Segala puji bagiMu ya Rabbi, Tuhan pemilik Arsy, yang kepada langit telah Kau berikan kekuasaan dan kepada bumi kepatuhan, kepada langit telah Kau berikan gerak, kepada bumi ketenangan yang tetap. Dan tlah Kau tinggikan angkasa di atas bumi tanpa tiang penyangga.

Dalam kearifanMu Kau perintahkan laba-laba membuat sarang untuk melindungi yang termulia di antara manusia.

Ya Rabb, yang membentangkan siang dengan warna putih, dan juga yang telah melipatnya jadi malam dan menghitamkannya. Matahari dan bulan yang satu di siang hari, yang lain di malam hari. Kau berikan kesaktian Sulaiman pada sebatang tongkat, dan Kau juga yang berikan kepandaian berbicara pada semut.

Dari sebatang tongkat Kau jadikan seekor ular, dan dengan sebatang tongkat Kau timbulkan limpahan air. Di musim dingin Kau tebarkan salju perak, dan di musim gugur daunan kuning emas.

Ya Rabb, jiwa ini bertanya-tanya, akal pun tak sampai karena kuasaMu, maka langit berpusing, bumi pun bergoyang. Dasar bumi dan puncak langit menyatakan sembah-hormat padaMu. Kau nyatakan rahasiaMu dalam penciptaan angin, tanah, api, dan air. Kau mengambil tanah liat dan meremasnya dengan air, dan setelah empat puluh hari Kau menaruh di dalamnya ruh yang menghidupkan tubuh. Kau memberinya kecerdasan agar dapat membedakan benda-benda, ketika dilihat kecerdasan itu dapat membeda-bedakan, Kau berikan padanya pengetahuan agar dapat menimbang dan memikir-mikir. Tetapi ketika manusia berhasil memiliki berbagai kecakapan, ia mengakui kelemahannya dan diliputi keheranan, sementara badan jasmaninya menyerah pada perbuatan-perbuatan lahiriah. Kawan atau lawan, semua tunduk pada kearifanMu.

Ya Rabb, mata ini buta, meskipun dunia diterangi dengan matahari cemerlang. Pengetahuan tentang DzatMu tak tersedia di pintu orang-orang yang pandai menyusun kata.

Ya Allah, Ya Rabb, Ya dzal jalalli wal ikram..dari sini yang hamba gk tau ini dimana, dari sini  yang hamba gk tau darimana, dari sini yang hamba gk tau bagaimana..dan dari sini, apa adanya diri ini, di singgasanaMu hamba memohon ..ampun atas segala dosa yang tlah hamba perbuat, kecil/ sedang/ besar..yang lalu, sekarang dan yang akan datang..yang disengaja ataupun yang tidak disengaja..yang diketahui ataupun yang tidak diketahui..terlebih – lebih memohon ampun klo terkadang ada keraguan akan keimanan ini, seraya mengucapkan “La ilaha illallah, Muhammadar Rasulullah”.

Ya Rabb..gantikanlah kesusahan ini dengan kesenangan,
dan jadikanlah kesusahan ini awal dari kebahagiaan,
dan sirnakanlah rasa takut ini menjadi tentram,
ya Allah dinginkan panasnya qalbu ini dengan salju keyakinan,
dan padamkanlah jiwa ini dengan air keimanan, wahai Rabb, anugerahkanlah pada mata yang tak dapat terpejam ini dengan rasa kantuk dariMu yang menentramkan,
dan tuangkan dalam jiwa yang bergejolak ini kedamaian,
dan ganjarlah dengan kemenangan yang nyata,

wahai Rabb, tunjukkanlah pandangan yang kebingungan ini kepada cahayaMu,
bimbinglah saatnya perjalanan ini kearah jalanMu yang lurus dan tuntunlah orang2 yang menyimpang dari jalanMu kehidayahMu..kehidayahMu..kehidayahMu..

ya Rabb..hempaskanlah semua tipu daya setan dengan bala tentaraMu,
sirnakanlah dari kami rasa sedih dan duka, dan usirlah kegundahan hati dari jiwa kami semua,

kami berlindung kepadaMu, dari setiap rasa takut yang mendera, hanya kepadaMu kami bersandar dan bertawakal, hanya kepadaMu kami memohon, dan dariMulah semua pertolongan, cukuplah Engkau sebagai pelindung kami, karena Engkaulah sebaik-baik pelindung dan penolong..

Share/Bookmark

Iklan